gmail

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita 😀

Forum Google Penelusuran Indonesia

fgp

Sebelum bahas tentang program apa yang saya ikuti, saya mau kenalin dulu apa sih sebetulnya Forum Google Penelusuran Indonesia.

Kalau kamu sudah biasa diskusi di sebuah forum online, mungkin kamu juga tidak akan asing dengan Forum ini. Ada banyak forum online di Indonesia seperti Kaskus atau DetikForum. Mereka punya unique value masing-masing. Nah, kalau Forum Google Penelusuran ini adalah forum dimana kamu dapat menemukan para pengguna produk Google lainnya. Kita dapat bertanya, berbagi informasi dan bertukar pikiran seputar produk Google.

Berbeda dengan Forum Google yang Global dimana masing-masing produk memiliki forum resmi masing-masing. Kalau di Indonesia, kita memiliki tujuh produk yang dapat kita diskusikan di Forum ini. Mulai dari Google Chrome, Gmail, Google Penelusuran, Google+, Google Foto, Google Play dan yang paling baru adalah Allo.

Jadi kita semua bisa diskusi semua produk di Forum Google Penelusuran Indonesia ini di masing-masing kategori produk. Kamu bisa tengok forum-nya disini.

Program Kontributor Utama yang bisa kamu ikuti!

Ria Top Contributor

“The human contribution is the essential ingredient. It is only in the giving of oneself to others that we truly live.” – Ethel Percy

Saya pernah bercerita kenapa saya bergabung di Forum Google Penelusuran. Hematnya adalah karena pengen tetap konstribusi biar ilmu yang didapat pas jadi Google Student Ambassador dulu gak lekang oleh waktu. Hehe. Lengkapnya bisa dibaca di Kok Bisa ke Amerika.

Nah, ternyata jika kamu aktif dan konsisten berkonstribusi di forum ini, kamu akan mendapatkan point yang nantinya akan ada email cantik yang mengundang kamu untuk menjadi Rising Star. *dulu saya kira program perncarian bakat lho.. hehe

Jadi, sebelum bergabung di program Top Contributor/ Kontributor Utama ini, kita nih “ditawarin” untuk menjadi bintang baru. Bintang baru ini dipilih berdasarkan konstribusi kita kepada anggota lain di forum. Jika kamu sudah menjadi Bintang Baru, ini mah udah semacam golden ticket buat masuk di program ini. Tinggal kita aja tetap istiqomah buat terus berkonstribusi. Kalau kamu jadi Bintang Utama, akan ada Badge/ Lencana Bintang yang ada di profil forum ini. 🙂

Next, jika kamu sudah dan tetap istiqomah berkonstribusi di forum, bahkan kamu menunjukkan diri konstribusi besar kepada semua anggota di forum, kamu akan dipilih langsung oleh Community Manager program ini.  Tentunya, menjadi Kontributor Utama tidaklah semudah yang saya tulis. Kita harus menunjukkan konstribusi yang sebenarnya. Harus sabar dalam membantu pengguna produk Google lain yang kesulitan menggunakan produk.

Semua orang pasti bisa menjadi kontributor utama, tentunya  kalau bergabung di forum ini, usianya setidaknya sudah 18 tahun dan yang paling penting suka dan menggunakan produk Google serta punya passion membantu pengguna lainnya.

Apa sih keuntungan menjadi Kontributor Utama?

Top Contributor Forum Google Penelusuran Indonesia
Top Contributor Forum Google Penelusuran Indonesia

Kalau berbicara soal keuntungan, mungkin udah langsung melek.hehe. Karena ini program merupakan volunteering, jadi akan lebih baik untuk tidak berharap macam-macam. Tapiii, Google tentu saja sangat mengapresiasi konstribusi kita.

Keuntungan (berdasarkan pengalaman) yang saya dapatkan selama ini kurang lebih ada di 5 point ini :

  • Menjadi Beta Tester : Jadi nih, sebelum Google launch produknya di masyarakat umum, kita dapat mencobanya terlebih dahulu. Ini pengalaman yang seru tentunya. Saat teman-teman yang lain belum tau Google Allo itu apa, saya sudah coba dulu itu aplikasi tersebut.
  • Bertemu dengan Googler : Menurut saya pribadi, orang yang bekerja di Google itu super duper keren. Mereka gak cuman pinter di satu hal, melainkan cerdas dalam berbagai hal. Jadi bisa kenal mereka itu sangat menyenangkan.
  • Connecting the dots : Kenal dan bertemu dengan orang baru yang sama-sama suka berkonstribusi, suka membantu orang lain, namun memiliki latar belakang yang berbeda.
  • Menghadiri acara Meetup          : Kontributor Utama biasanya akan diundang untuk hadir di Pertemuan Rutin dengan para Kontributor Utama lainnya. Jadi yang biasanya hanya bertemu di forum dan chat online, akan dipertemukan langsung disini!
  • Menghadiri acara Summit : Ini yang mungkin membuat semua orang pada tercengang. Saya sendiri juga kaget mendapatkan invitation dari Google untuk dapat hadir di acara Top Contributor Summit tahun lalu di San Francisco, California. Saya ada beberapa tulisan tentang pengalaman saya disana. Kamu bisa menengoknya disini atau ini

Dan keuntungan lainnya adalah kebahagiaan. Ceileeeh,hehe
Membantu orang lain. Ini merupakan salah satu benefit yang mungkin biasa bagi orang-orang, tapi membuat orang bahagia karena akunnya kembali setelah di hack dan mengucapkan terima kasih kepada kita itu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. So, Mari berbagi Kebaikan!

Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebajikan sebesar dzarrah, niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar.” (Q.s. an-Nisa’: 40).

*jadi udah clear ya, ria belum jadi Googler, tapi gabung di program kontributor utama, makanya jadi kenal dengan para Googler..hehe

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *