Nikmati Indahnya kebersamaan di Candi Tegowangi

Rasanya menyenangkan sekali dapat berkumpul bersama teman-teman, menikmati suasana yang menyenangkan di Candi Tegowangi. Meskipun, kelas-kelas lain syukuran di cafe ataupun rumah makan yang mewah, kami tetap senang karena kami merasa dengan wisata perpisahan kelas ini, kami juga ikut terus melestarikan peninggalan sejarah Indonesia. Dengan berbekal nasi dan aqua dan beberapa snack. Kami warga Castha menuju Tegowangi. Saat itu aku sedang sakit. Namun, aku tetap menguatkan diri agar bisa berkumpul dengan teman-teman.Kami mengadakan acara perpisahan kami di Candi Tegowangi. Hitung-hitung sambil ikut terus menghidupkan sejarah.

Prolog

Candi Tegowangi merupakan candi yang terletak di Plemahan, Kediri, Jawa Timur, Indonesia.Candi ini jadi monumen peninggalan Kerajaan Majapahit di masa pemerintah Hayam Wuruk. Candi ini juga dibangun dengan menggunakan batu andesit serta pondasi bata merah yang menghadap ke arah barat. Reliefnya bercerita tentang Wayang Purwo dengan tokoh Sundamala atau kisah tentang ruwatan Durga.

Jika Candi Surowono telah hilang bagian atasnya, maka Candi Tegowangi masih memiliki Yoni pada bagian atas.Yoni ini dibuat dengan pahatan yang sangat indah serta dihiasi motif binatang dan naga.Selain itu terdapat pula batu pipih berbentuk bujursangkar yang memiliki sembilan buah lubang yang biasanya diletakkan pada sumuran candi.

Candi Tegowangi menepati sebuah areal yang cukup luas dan terbuka. Areal wisata arkeologi ini juga terawat dengan baik, tidak terlihat sampah bertebaran kecuali daun-daun kering pepohonan dalam jumlah yang juga tidak terlalu banyak.

Come back to Castha

Sesampainya di Candi ini, kami mulai menikmati sejuknya suasana di sini. Mulai dari pepohonan yang indah dan teduh, Candi Tegowangi yang sudah sedikit rapuh, sampai rumah warga sekitar yang berternak Lebah. Suasana yang sangat nyaman. Kami memasuki area Candi dengan senang. Tapi, setelah kami masuk, kami sedikit ditegur oleh pengurus Candi. Karena kami belum lapor. Karena dengan jumlah kami yang banyak, kami harus lapor.

Setelah itu, dimulailah acara. Senang, sedih, terharu. Kami makan-makan bersama. Lucu sekali. Teman-teman tak mau melewatkan acara ini. Setelah makan-makan. Kami mulai bersantai-santai. Ada yang tidur-tiduran, bercerita, bernostalgia tentang castha. Tak lupa, kami juga bernarsis-narsis ria menaikki Candi Tegowangi dan mengabadikannya.MasyaAllah, indahnya kebersamaan itu…

So, Yuk Jelajah Wisata dengan ikut melestarikan Sejarah!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *