google indonesia

Hal-hal Penting yang kamu perlu tau dari Google for Indonesia 2017

Google untuk Indonesia. Untuk yang di Sabang sampai Merauke. Untuk pahlawan ekonomi bangsa. Untuk mereka yg kreatif. Untuk pemecah masalah. Untuk pengemban tradisi. Untuk yang cari inspirasi dan yang menginspirasi. Google untuk semua. Google Untuk Indonesia!

Begitulah opening dari acara Google for Indonesia, 24 Agustus 2017 kemaren. Indonesia merupakan pusat revolusi digital, dengan jutaan orang Indonesia yang selalu online setiap saat. Menurut data dari APJII seta pusat studi Google, ada 132 juta orang Indonesia mengakses internet dan 75%-nya menggunakan internet setiap hari. Google merupakan bagian dari transformasi digital di dunia dan tentunya Indonesia. Nah, melihat angka tersebut Google berkomitmen untuk terus mengembangkan produk yang membantu semua orang, termasuk semua orang Indonesia.

Google for Indonesia adalah acara rutin yang bakal diadakan oleh perusahaan teknologi raksasa yang digandrungi oleh banyak millenials. Tahun ini untuk kali kedua Google bikin acara “persembahan untuk Indonesia”. Acara ini by invitation, jadi memang tidak semua orang bisa hadir. Pembicaranya keren-keren dan yang datang juga orang-orang keren. Kalau mau kepo siapa aja yang datang bisa kepo-in hashtag #Google4ID diberbagai sosial media yang kamu punya deh.hhee. Beruntung karena saya mendapatkan invitation as Google Top Contributor. Thank you to TC Community Manager, Mas Rado!

Tony Keusgen. Managing Director, Google Indonesia
Tony Keusgen. Managing Director, Google Indonesia

Enam Fitur Produk untuk membuat internet lebih bermanfaat dan relevan bagi orang Indonesia.

Google membuat teknologi tidak hanya untuk orang-orang tertentu saja. Tapi untuk semua orang. Dan ada 3 hal yang harus dimiliki oleh semua orang yaitu akses, produk dan platform. Google mengupayakan semua orang dapat menikmati teknologi dengan memiliki 3 hal tersebut.  Berikut ini adalah 6 fitur produk yang akan membuat internet lebih bermanfaat dan relevan bagi semua orang di Indonesia yang memenuhi 3 hal tersebut.

  1. Google Station

Produk ini bener-bener top dah! Google Station ini bakalan memberikan koneksi internet secara gratis, khususnya yang berada di daerah. Google bekerjasama dengan FiberStar dan CBN dan selama tahun depan akan meluncurkan hotspot Wi-Fi yang cepat dan dapat diandalkan di ratusan tempat di Jawa dan Bali. Gak sabar nih ada Google Station di Kediri! 😀

  1. YouTube Go

Sering nonton Youtube terus lagi asik-asiknya malah buffering?
Inovasi Google untuk Indonesia ini bakalan membuat kita senang dah! Karena dengan Youtube Go, kita gak perlu khawatir buffering, kuota pas-pas an dan sinyal di daerah belum 4G. Kita dapat menyimpan dan menonton video dengan lancar meskipun koneksi kita lagi gak bagus. Nanti ada semacam pratinjau berupa opsi ukuran file video sebelum disimpan secara offline. Selain itu, kamu bisa sharing video ke teman kamu menggunakan Youtube Go. Mantabs!

  1. Asisten Google dalam Bahasa Indonesia

Tentang asisten Google ini mungkin sudah banyak yang tahu fungsinya sebagai apa. Dia adalah asisten virtual yang cerdas karena punya machine learning sehingga bisa interaksi sama kita. Asisten Google semakin istimewa dan lebih berguna bagi kita orang Indonesia. Karena asisten Google sudah resmi dapat diajak ngobrol dengan Bahasa Indonesia lho! Dia bisa diajak ngobrol apapun dan bahkan bisa buat main games. 😀

A post shared by Ria Lyzara (@rialyzara) on

Kamu bisa mulai download Google Allo untuk bisa ngobrol bareng personal asisten virtual kamu ini! Oh ya, selain itu, kamu bisa bikin stiker lucu kamu sendiri dengan fitur selfie stiker. Caranya gampang banget, nanti aku bikin post nya aja ya 😀

  1. Shortcut di Google Search

Saat Ken Tokusei, Product Manager Director Google Search menjelaskan fitur baru ini, saya cuman membatin, “gilak ini bukti nih kalo makin males kita 😛 hehe

Jadi, shortcut alias jalan pintas ini adalah icon-icon yang dapat kita klik doang, ada tentang restoran, navigasi balik ke rumah, jam tayang film, tempat nongkrong terdekat, dan lain sebagainya. Kita tinggal klik aja dah, gak perlu ngetik-ngetik lagi. Selain itu, juga ada Feed Google Search yang kontennya bisa kita atur, kalau suka politik yang tinggal atur feed yang muncul nanti berupa berita politik terbaru.

  1. Health Answer

Melalui kerjasama dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga, Indonesia menjadi salah satu negara pertama di mana Google akan meluncurkan jawaban praktis untuk pertanyaan seputar kesehatan di Google Search. Peran Rumah Sakit Mitra Keluarga adalah untuk merinci tentang gejala umum dan perawatan untuk 700 kondisi kesehatan paling umum di Indonesia dan tentunya semuanya dalam Bahasa Indonesia. Ini tentu akan sangat membantu kita mencari jawaban tentang kesehatan yang lebih kredibel melalui Google Search. Jadi lebih gak khawatir berlebihan takut salah info kalau lagi searching masalah kesehatan nih!

  1. Waze Updates

Waze memperkenalkan fitur routing baru nih yang bakalan bantu kita, khususnya yang di Jakarta. Jadi, fitur routing baru itu berdasarkan jumlah plat nomor terakhir yang akan membantu pengemudi Jakarta dengan mudah mengikuti peraturan kebijakan Genap Ganjil. Selain itu, juga aka nada fitur dimana kita dapat menambahkan perintah suara berbahasa Indonesia, dan kita dapat merekam suara kita sendiri di Waze, dan menggunakannya sebagai suara navigasi. Mantabs kan! 😀

Program Pelatihan Dan Pemberdayaan Digital

A post shared by Ria Lyzara (@rialyzara) on

  1. Program Melatih 25.000 Developer

Google sekarang ini telah melatih 25.000 developer aplikasi melalui kursus online dan workshop yang bertajuk Indonesia Android Kejar di enam kota. Tentu ini bermanfaat sekali bagi yang ingin mendalami “ngoding”. Pelatihannya dalam bahasa Indonesia, panduannya-pun dalam bahasa Indonesia. Enak kan? 😀

  1. Primer

Nah, ini program keren juga. Primer ini adalah sebuah aplikasi gratis untuk membantu para pengusaha Indonesia yang akan memulai, membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Sekarang ada 24 pelajaran yang sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia seperti misalnya bagaimana menciptakan bisnis dan menjual produk atau layanan secara online. Jadi, kalau mau mulai jadi pengusaha, kita sudah bisa pelajari nih dari Primer point-pointnya.

  1. Gapura Digital

Program Gapura ini sudah tidak asing bagi saya, karena beberapa kali pernah bantu untuk menyelenggarakan eventnya, seperti halnya Android Kejar. Jadi, Google ini bantu para UKM untuk mulai online.Sekarang sudah lebih dari 4.500 orang mendaftar ke kelas dalam tiga bulan pertama di tujuh kota.

  1. Womenwill

Program Google ini untuk memberdayakan wirausahawan wanita, dan sekarang sudah lebih dari 7.000 wanita di lima kota – Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Denpasar yang terkumpul dalam WomenWill. Mantabs dah.

  1. Google.org grand to ICT Watch

Google.org ini mendukung Smart Schools Online, sebuah inisiatif yang dijalankan oleh ICT Watch (organisasi non profit yang mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi melalui Internet) untuk melatih 35.000 siswa, guru, dan orang tua mengenai literasi digital dan keamanan online. Mereka akan bekerja sama dengan mitra nonprofit ECPAT dan Sejiwa Foundation untuk melaksanakan proyek ini dan saya sangat mendukung program ini. Pengen kontribusi program ini nih!!! 🙂

 

Total ada 11 pengumuman yang disampaikan oleh Google nih dalam acara Google For Indonesia 2017. Saya berharap dengan adanya fitur dan program baru dari Google, semakin membantu saya dan masyarakat Indonesia lainnya untuk lebih produktif dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Alhamdulillah, thank you Google.

5 thoughts on “Hal-hal Penting yang kamu perlu tau dari Google for Indonesia 2017”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *